//Selamat! SMKN 1 Kepanjen Juara 2 LKS SMK Tingkat Nasional

Selamat! SMKN 1 Kepanjen Juara 2 LKS SMK Tingkat Nasional

Kepanjen – Setelah melewati rangkaian seleksi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) mulai dari Tingkat Wilayah Kerja (Wilker) 3 Jawa Timur, Tingkat Jawa Timur, serta seleksi yang terakhir adalah LKS Tingkat Nasional, pada tahun ini SMKN 1 Kepanjen mengirimkan lagi kontingennya. Acara LKS Tingkat Nasional ke-XXVII tahun ini dilaksanakan pada tanggal 7 – 13 Juli 2019 di Jogjakarta yang diikuti 759 siswa dari berbagai penjuru Tanah Air.

Tahun ini, SMKN 1 Kepanjen mengirimkan siswanya yang bernama Wiladhi Nur Pratikto (Kelas XII TEI) dalam bidang lomba Electronic Application. Wiladhi (nama panggilan akrabnya) berhak untuk berkompetisi dalam LKS Nasional karena telah berhasil menjadi juara pada rangkaian lomba sebelumnya.

“Ada beberapa kriteria yang dilombakan pada Bidang Lomba Electronic Application yang diantaranya adalah Prototype Hardware Design, Fault Finding Repair dan Embedded System Programming“. Jelas Tri Sukowibowo, ST Pembimbing Lomba Electronic Application SMKN 1 Kepanjen.

Sebelum melaksanakan lomba, pembimbing lomba berpesan kepada Wiladhi. “Ingat! Diatas langit masih ada langit, jadi jangan meremehkan pihak lawan, rasa percaya diri jangan terlalu berlebihan dan yang paling penting adalah harus mendengarkan nasihat pembimbing”, tambah Tri Sukowibowo.

“Pada saat pelaksanaan lomba, kriteria tersebut dibagi menjadi tiga hari. Prototype Hardware Design terdiri dari 3 fase, Fault Finding Repair ada 3 kesalahan yang dibuat dan Embedded System Programming ada 2 fase”, terang Wiladhi.

“Untuk hari pertama, semua peserta mengerjakan Prototype Hardware Design fase 1 dan fase 2. Hari kedua mengerjakan Fault Finding Repair dan Embedded System Programming fase 1. Sedangkan pada hari ketiga, mengerjakan Embedded System Programming fase 2 dan Prototype Hardware Design fase 3″, beber putra kelahiran Kepanjen tanggal 8 April 2000.

“Yang menjadi kesulitan saat lomba adalah pada Prototype Hardware Design fase Layout PCB menggunakan software. Pada fase itu saya dituntut untuk membuat layout se-efektif mungkin dengan memperhatikan jalur logika, jalur power, dll. Namun, berkat bimbingan pembimbing akhirnya saya bisa menyelesaikan fase tersebut”, lanjut putra keempat dari tujuh saudara ini.

Saat pengumuman LKS Tingkat Nasional Bidang Lomba Electronic Application, nama Wiladhi Nur Praktikto dari SMKN 1 Kepanjen Malang dipanggil setelah nama Maulana Ibrahim Yuan Fadilla dari Jogjakarta (Juara 1). Sedangkan untuk juara ketiga diraih oleh Fattaahku Muhammad Rossi dari Banten dan juara harapan diraih oleh Andika Wahyu dari Sumatra Utara.