//SEJARAH SMK NEGERI 1 KEPANJEN (KANESA)

SEJARAH SMK NEGERI 1 KEPANJEN (KANESA)

Kabupaten Malang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia.  Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, dan Kabupaten Pasuruan di utara, Kabupaten Lumajang di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan yang berhawa sejuk, Malang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2008 tentang Persetujuan Pemindahan Ibukota Kabupaten Malang ke Kecamatan Kepanjen merupakan ruh awal berdirinya ibu kota baru. Proses panjang penetapan Kepanjen sebagai ibu kota kabupaten diawali usulan Bupati Malang dengan surat Nomor 135.7/093/421.202/2007 Tanggal 17 Januari 2007 kepada Ketua DPRD Kabupaten  Malang. Usulan itu diperkuat persetujuan dari DPRD Kabupaten Malang berdasarkan Keputusan Nomor 3 Tahun 2007 tanggal 12 Maret 2007. Sejak 2012, pusat pemerintahan Kabupaten Malang berangsur-angsur pindah ke Kepanjen

Kepanjen adalah sebuah kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan Kepanjen terletak 20 km sebelah selatan Kota Malang. Kepanjen dikenal sebagai kota satelit penyangga utama Kabupaten Malang, yang termasuk dalam  kawasan Malang Raya.

” Di Kepanjen sebelum tahun 2009 sudah banyak sekolah dasar Negeri dan Sekolah menengah Pertama negeri yang telah berdiri dan hanya ada  1 sekolah menengah atas. Sedangkan sekolah menengah kejuruan di wilayah kepanjen belum ada oleh karena itu pemerintah kabupaten Malang berdasarkan Surat Bupati no 1 tahun 2009 tepatnya tanggal 22 Januari 2009 mendirikan Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Kepanjen. “

SMK negeri 1 Kepanjen didirikan dalam rangka memfasilitasi peserta didik yang berada di daerah kepanjen dan sekitarnya yang mempunyai minat melanjutkan ke sekolah kejuruan di bidang teknologi.

Pada awal berdiri SMK Negeri 1 Kepanjen membuka 3 program keahlian yaitu teknik otomotif dengan jurusan Teknik kendaraan Ringan, Teknik Informatika Komputer dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, dan Teknik Elektronika dengan jurusan Elektronika Industri.

Selama kurun waktu lima tahun berdiri terjadi peningkatan animo masyarakat terbukti dengan banyaknya jumlah pendaftar siswa baru, oleh karena itu sejak tahun pelajaran 2014/2015, SMK Negeri 1 Kepanjen menambah 2 jurusan lagi yaitu Teknik Komputer dan Jaringan dan teknik Sepeda Motor hingga sekarang.