//MENGUSUNG TEMA HUMANIS MPLS (MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH) KENESA HARI PERTAMA BERLANGSUNG SERU DAN ASIK

MENGUSUNG TEMA HUMANIS MPLS (MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH) KENESA HARI PERTAMA BERLANGSUNG SERU DAN ASIK

Kepanjen, SMKN 1 KEPAJEN melaksanakan kegiatan MPLS untuk peserta didik baru tahun ajaran 2022/2023. Serangkaian kegiatan berlangsung dengan menjunjung tema humanis. Tema tersebut diangkat Berdasarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 yang berisi tentang tata cara pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru yang menghilangkan stigma negatif tentang pelaksanaan masa orientasi siswa yang terjadi saat ini. Di dalam Permendikbud tersebut, tidak boleh lagi diadakan kegiatan yang berisi atau menjurus kepada perploncoan atau kegiatan lain yang merugikan peserta didik baru.

Adapun serangkaian acara tersebut meliputi pra MPLS pada tanggal 15 Juli 2022, dan dilanjutkan dengan pelaksanaan MPLS mulai tanggal 18 Juli 2022 hingga 21 Juli 2022. Pada Pra MPLS disampaikan kepada peserta didik baru mengenai hal-hal yang perlu disiapkan, apel pra MPLS dibina oleh Waka Kesiswaan Bapak Amiruddin Atimurahman, S.PdI  dan didampingi oleh jajaran Bapak/Ibu Wali Kelas X. Apel dilaksanakan di halaman SMKN 1 Kepanjen dan berjalan dengan lancar.

Apel PRA MPLS SMKN 1 Kepanjen

 

Pembina Apel dan Jajaran Wali Kelas X

Hari pertama, pada hari senin 18 Juli 2022 acara MPLS diawali dengan apel pembukaan MPLS yang dibina langsung oleh Bapak Kepala Sekolah yakni Bapak Lasmono, S.Pd, MM. Pada apel ini dilakukan penyematan kartu peserta secara simbolis oleh Bapak Lasmono pada perwakilan peserta didik baru dan perkenalan para Dewan Guru. Pada hari ini peserta MPLS mendapatkan tiga materi yakni, (1) Wawasan Kebangsaan & Faktor Disentegrasi Bangsa oleh Koramil Kepanjen, (2) Bahaya Narkoba & Pergaulan Bebas oleh BNN Kab. Malang dan (3) Selayang Pandang SMK Negeri 1 Kepanjen oleh Hj. Anis Farida, S.Pd, MM.

Penyematan kartu peserta oleh Bapak Kepala Sekolah

 

Perkenalan Dewan Guru

 

Penyampaian materi oleh Koramil Kepanjen

 

Penyampaian materi oleh BNN Kab. Malang

 

Penyampaian materi oleh Ibu Anis