//Finishing Body Repair, Siswa TKR SMKN 1 Kepanjen Semprotkan 300 Botol Cat

Finishing Body Repair, Siswa TKR SMKN 1 Kepanjen Semprotkan 300 Botol Cat

Kepanjen – Puluhan helm dan protolan kerangka mesin sepeda motor tampak berjajar sepanjang halaman sisi timur SMKN 1 Kepanjen, Kamis (7/2/2019). Sambil dijemur, bagian sepeda motor ini disemproti cat dan dipanaskan oleh siswa SMKN setempat.

Dibagi sekitar 21 kelompok, pengecatan ini merupakan praktik finishing body repair bagi siswa program Otomotif Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Pelatihan ini difasilitasi langsung tim dari PT Samurai Paint Indonesia.

“Kami mengedukasi siswa, bagaimana cara pengecatan untuk mempercantik dalam finishing body repair. Di otomotif, ada peluang kerja dan wirausaha untuk finishing. Jadi, tidak hanya belajar teknik (servis) saja,” kata Ardo, koordinator
PIC PT Samurai Paint Indonesia area Malang – NTT – Maluku, Kamis (7/2/2019) siang.

Dikatakan, project Samurai Go to School ini tidak sebatas pelatihan pengecatan saja, melainkan bisa dikembangkan tergantung kebutuhan SMK-SMK nantinya.

“Praktik finishing body repair pengecatan ini tahapannya banyak, mulai cat dasar memberi motif sesuai keinginan sampai finishing. Nanti, akan kami ajarkan semua,” imbuhnya.

Apa yang dilakukan siswa TKR di SMKN 1 Kepanjen ini, hasilnya akan dinilai dan kelompok terbaik akan berkesempatan mengikuti ajang kompetisi Samurai Paint Challenge nasional mewakili regional Malang di Surabaya.

Ardo mengungkapkan, setidaknya dihabiskan 300 kemasan cat duco dalam kaleng aerosol dalam project bagi siswa TKR SMKN 1 Kepanjen ini.